Kampanye #AkudanKorea

Belakangan ini di sosial media marak #10yearschallenge dengan mengunggah perbandingan foto diri 10 tahun yang lalu dengan foto saat ini. Tapi bagi saya 10 years challenge tidak sebatas perubahan pada diri sendiri, bisa perubahan dalam hal apa saja – termasuk Korea Selatan. Loh kok jadi ke Korea sih? Sebagai penggemar negeri gingseng sejak lama, saya merasakan benar bedanya dulu dan sekarang. Dulu tidak banyak yang menaruh minat terhadap Korea tetapi sejak Hallyu Wave semakin berkembang, semakin banyak pula yang tahu & suka Korea dan menjadikan negara tersebut sebagai salah satu tujuan untuk berwisata. 

Saya perhatikan tidak hanya travel agent besar yang menyediakan paket wisata ke Korea Selatan tapi juga travel agent kecil banyak bermunculan dan mulai berkembang. Selain itu tidak sedikit pula wisatawan yang berpergian sendiri atau pun berkelompok dengan teman-teman dan keluarganya tanpa menggunakan jasa agen perjalanan atau disebut dengan Free Independent Travelers (FIT). Dengan kemajuan teknologi saat ini, kita dengan mudah bisa mendapatkan berbagai macam informasi yang kita inginkan termasuk wisata ke Korea. 

Beruntungnya saya pada 5 Maret 2019 lalu bisa hadir di peluncuran wajah baru situs www.akudankorea.com di Gyan Restaurant, Plaza Kuningan  yang diselenggarakan oleh Korea Tourism Organization (KTO) Jakarta. #AkudanKorea merupakan kampanye utama yang berfokus pada berbagai aktivitas promosi offline dan online untuk menarik wisatawan FIT Indonesia. Kampanye ini sebagai bukti bahwa Korea akan semakin ramah terhadap wisatawan dan sangat mudah untuk dijelajahi.


 
Duta Besar Korea Selatan Mr. Kim Changbeom

Pada situs www.akudankorea.com terdapat informasi yang dibutuhkan para wisatawan seperti: event terbaru, destinasi baru dan anti-mainstream, penawaran khusus yang berisikan promosi & diskon serta kolom testimony yang berisikan kesan dan saran dari para traveler yang sudah pernah ke Korea. Di situs ini juga menjadi pusat aktivasi online seperti trivia kuis, photo challenge dan aktivitas online lainnya. Nanti akan ada kuis Explore Korea Challenge dengan grand prize tiket penerbangan ke Korea! Yuhuuuu~~~
Mau tiket penerbangan ke Korea gratis? Saya juga mauuuu~~ :D
Bocorannya nih, Korea Selatan juga sedang mengembangkan tujuan-tujuan wisata baru dan anti-mainstream bagi FIT yaitu di daerah Incheon, Gyeonggi, Gangwon, Daegu, Busan, Gyeongnam, Jeollanam, Jeollabuk, Chungcheongbuk, Daejon dan Chungcheongnam yang masih belum terekspose secara luas.

Pengembangan tujuan baru dan anti-mainstream

Jangan lupa datang ya ke Korea Travel Fair tanggal 15 Maret – 17 Maret 2019 di Laguna Atrium, Central Park Mall – Jakarta. Akan ada pengalaman-pengalaman seru dan informasi menarik yang akan dibagikan oleh para nara sumber yang akan membuat kamu semakin tidak sabaaarrrrrr untuk segera pergi berlibur ke Korea :D Selain itu kamu bisa nonton pertunjukan menarik dari Chef  yang menggabungkan seni beatbox dan bboy.

Korea Travel fair 2019

Selama Korea Travel Fair 2019 Bank Mandiri sebagai partner resmi juga mempersiapkan penawaran menarik seperti tiket dengan harga special dengan cashback sampai dengan Rp 5 juta, cicilan 0% hingga 12 bulan, diskon hingga 50% dengan fiestapoin, program #spend&get 2 tiket Ed Sheeran serta masih banyak penawaran menarik lainnya untuk pemegang Mandiri Kartu Kredit maupun Mandiri Debit. 

Juga ada empat maskapai penerbangan yang berpartisipasi dalam Korea Travel Fair 2019 yaitu Asiana Airlines, Cathay Pacific, Korean Air dan Thai Airways serta 10 agen wisata terbaik Korea.

Buat kamu yang sudah punya tiket ke Korea, kamu bisa datang ke kantor KTO Jakarta untuk ikut redemption program dimana  kamu akan mendapatkan T-Money sebesar KRW 10.000 yang bisa kamu pergunakan selama kamu berwisata di Korea nanti. Info lengkap silahkan baca disini.
Jangan lupa telpon kantor KTO Jakarta dulu untuk buat janji kalau mau ikut redemption program ya ^_^

Salah satu kekhawatiran mengenai wisata ke Korea adalah visa-nya. Ternyata lampiran laporan SPT hanya merupakan opsi saja, jadi sifatnya tidak wajib. Untuk pengajuan visa biasanya cukup rekening Koran 3 bulan terakhir saja. Mau bertanya hal lain tentang visa Korea? Jangan khawatir! Mulai 1 Mei 2019 akan ada Visa Application Center di Lotte Shopping Avenue Lt 5 Jakarta.

Vica Applicaion Center akan segera hadir! Yuhuuuu~~~
Ada Alexander Thian dan Dinda Kirana yang berbagi cerita keseruan mereka berwisata di Korea

Selama acara di Gyan Restaurant kemarin saya juga mendapat beberapa tips dari para nara sumber yang akan berguna selama berwisata di Korea diantaranya:
  • Jangan merokok sembarangan
  • Jangan buang sampah sembarangan
  • Jalan di escalator sebelah kiri dan tolong samping kamu dikosongkan untuk akses jalan bagi orang lain, jangan dipakai ngobrol dengan teman kamu ^_^
  • Kalau jalan tolong jangan bergerombol sampai menghalangi jalan untuk orang lain yaaaa Ingat itu jalan umum bukan jalan punya nenek moyang kalian
  • Bisa cari di Google tentang walking tour, tinggal cari saja tujuan kita mau kemana. Nanti akan muncul informasi mengenai waktu untuk walking tour-nya. Enaknya nih, kita bisa bayar tour guide-nya berapa pun alias tidak dipatok harga.
  • Untuk shopping kamu bisa ke Myeongdong
  • Mau coba street food atau seafood? di Busan tempatnya ^_^
  • Kalau kamu ke Korea untuk menikmati cherry blossom dan ingin dapat foto kece ala anime atau dorama dengan latar bunga berjatuhan?  Tolong jangan menggoyang-goyangkan pohonnya supaya bunganya jatuh berguguran T_T it’s a big nooooo....nooooo! me.ma.lu.kan 

Komentar